Real Madrid Takluk di Kandang Sendiri

BERITA BOLA

 

Atletico Madrid berhasil meraih kemenangan krusial atas rival sekota mereka, Real Madrid. Bertanding di kandang Los Blancos, Santiago Bernabeu (13/09), Los Rojiblancos mampu menang dengan skor tipis 2-1.

Dua gol kemenangan Atletico dalam laga El Derbi Madrileno ketujuh di tahun 2014 tersebut dipersembahkan oleh Tiago dan Arda Turan, sementara gol balasan tuan rumah dipersembahkan oleh Cristiano Ronaldo.

Tertinggal satu gol, tim tuan rumah menyerang dengan kesetanan. Upaya Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, dan Pepe masih melenceng dari sasaran, sementara tendangan spekulasi Gareth Bale masih mampu dimentahkan oleh kiper Miguel Angel Moya.

Tampil tertekan di awal laga, tim tamu justru mampu membuat kejutan saat laga baru berjalan sepuluh menit. Tiago yang berdiri dengan pengawalan minim mampu dengan mudah menyundul umpan tendangan sudut Koke untuk menjebol gawang Iker Casillas.

Gol yang ditunggu-tunggu Los Blancos akhirnya datang di menit ke 26. Pelanggaran fatal Guilherme Siquiera kepada Ronaldo memaksa wasit memberikan hukuman penalti. Eksekusi Ronaldo dengan sempurna mengecoh Moya yang bergerak ke arah yang salah.

Real terus mengurung pertahanan Atletico di sisa babak pertama. Sejumlah peluang didapat oleh Ronaldo, Toni Kroos, dan juga Karim Benzema, namun semuanya tak mampu menembus gawang tim tamu. Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Atletico tampil lebih menekan dan mulai mampu mengimbangi agresivitas tim tuan rumah. Bale sempat memiliki peluang di menit ke 60, namun lagi-lagi Moya tampil gesit dalam mengamankan gawang.

Petaka bagi El Real hadir di menit ke 76. Dalam sebuah skema serangan yang berawal dari sisi kiri pertahanan, Juanfran mampu mengirimkan umpan matang ke kotak penalti yang mampu diselesaikan dengan satu sentuhan oleh pemain pengganti, Arda Turan.

Usai unggul 2-1, Los Rojiblancos memperketat pertahanan dengan memasukkan gelandang bertahan Mario Suarez menggantikan Mario Mandzukic. Meskipun pertahanan mereka dikurung sepanjang laga, namun Real tak mampu melepaskan tembakan on target yang membahayakan. Justru winger Antoine Griezmann nyaris memperbesar kemenangan Atletico lewat serangan balik di akhir laga, namun tendangan pemain asal Prancis tersebut masih melebar.

Hasil ini menjadi kekalahan kedua secara beruntun bagi Real setelah pekan lalu mereka juga tumbang di kandang Real Sociedad. HIngga jornada ketiga, pasukan Carlo Ancelotti baru mengoleksi tiga angka. Sementara bagi Atletico, kemenangan ini mengkatrol poin mereka menjadi tujuh hasiil dari dua kali menang dan sekali seri.

Susunan Pemain
Real Madrid: Casillas; Arbeloa (Varane 77'), Ramos, Pepe, Coentrão; Kroos, Modric, James; Bale (Isco 72'), Ronaldo, Benzema (Hernandez 63').

Atletico Madrid: Moyá; Juanfran, Miranda, Godín, Siqueira; Gabi (Turan 61'), Tiago, Koke, García; Jiménez (Griezmann 64'), Mandžukić (Suarez 78')

Statistik Real Madrid - Atletico Madrid
Penguasaan bola: 64% - 36%
Shot (on goal): 21 (4) - 9 (2)
Corner: 4 - 4
Pelanggaran: 12 - 12
Offside: 2 - 1
Kartu kuning: 4 - 7

Kartu merah: 0 - 0